Posted by : Unknown Senin, 13 April 2015

1 membuat garis dengan perintah line 1

Tekan huruf “L” pada keyboard, akan muncul sebuah kotak seperti pada gambar diatas. Kemudiat tekan “enter” atau “spasi” atau bisa juga di klik pada tulisan line dalam kotak. Cara yang paling cepat adalah dengan menekan tombol spasi pada keyboard.

2 tarik garis 6 meter

Langkah berikutnya klik pada bidang kosong, kemudian tarik mouse ke kanan dan ketikan angka 6 lalu klik kiri pada bidang gambar. Perintah ini akan membuat garis 6 meter dari arah kiri ke kanan. Lanjutkan perintah tersebut ke arah atas, kiri dan bawah sehingga akat terbentuk kotak dengan ukruan 6 meter setiap sisinya.

3 membuat garis tengah untuk dinding

Buat garis yang di tengah kotak sebagai dinding dalam, caranya dengan meletakan mouse pada di tengah garis kotak persegi, klik, kemudian tarik ke atas, klik. Bagi dua bagian yang ada di kiri dengan cara yang sama. Ke dua kotak di bagian kiri adalah calon untuk kamar tidur. 

4 membuat kamar mandi 1 

Berikutnya kita akan membuat kamar mandi. Caranya dengan menarik garis dari kanan ke kiri seprti pada gambar diatas, jaraknya adalah 1.25 m. Kemudian lanjutkan menarik garis ke atas dan menutupnya ke arah kiri dengan jarak yang sama yaitu 1.25m.

5 trim dinding atas 

Kita akan memotong dinding pada lingkaram merah pada gambar diatas. Caranya adalah dengan menggunakan perintah “trim”. Ketikan “TR” pada keyboard, akan muncul tampilan seperti pada gambar kanan atas. Klik spasi 2 kali, lalu klik pada dinding berlingkaran merah.

 6 menggeser dinding 

Yang akan kita lakukan sekarang adalah menggeser dinding untuk bagian kamar tidur utama. Bagian kotak di kiri bawah merupakan calon dari kamar tidur utama yang akan kita buat lebih luas ukurannya. Ketik “M” pada keyboar, lalu spasi, klik pada dinding yang ada lingkaran merahnya lalu spasi lagi. Klik pada area kosong tarik mouse ke kanan dengan jarak 0.25 m.

 7 extend menyambung garis 

Untuk menyambung garis yang terputus, kita akan memakai perintah extend. Carana klik pada dinding bagian samping, lalu ketik “EX” pada keyboar, spasi, lalu klik pada dinding sebelah kiri yang akan disambung.

8 membuat kamar tidur anak 

Kita akan membuat kamar tidur anak dalam langkah ini. Caranya ketik “L”, klik pada sudut kiri atas, lalu tarik ke samping kanan, masukan angka 2.25. Lalu tarik mouse ke bawah sampai bertemu dinding pada kamar tidur utama.

9 memberi notasi jarak 

Untuk memberi notasi jarak antara kedua titik, kita gunakan perintah “DIMLINEAR” atau bisa juga diakses dari tanda berlingkaran merah pada gambar diatas.

9a tarik garis ukuran ruang 

9b tarik ukuran kebawah 

Untuk membuat notarsi ukuran, klik pada perintah “DIMLINEAR” lalu tarik dari titik satu ke titik lainnya, kemudian tarik kebawah dan klik.

10 selesai 

Lanjutkan ke area lain sehingga akan terbentuk seperti gambar diatas. Sekian tutorial tentang membuat program ruang pada rumah sederhana, semoga teman teman memahaminya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The story - liuzh cules - Powered by Blogger - Designed by liuzh cules -